24April2018

MutuKia Ntt

Perubahan Permenkes tentang Pelaksanaan Praktik Kedokteran

NOMOR 2052/MENKES/PER/X/2011 TENTANG IZIN PRAKTIK DAN PELAKSANAAN PRAKTIK KEDOKTERAN
mencabut: Permenkes No. 512/Menkes/Per/IV/2007

Telah terdapat permenkes baru tentang program sister hospital yakni pada pasal 6 yang berbunyi

Pasal 6

(1) Dalam rangka melaksanakan program pemerataan pelayanan kesehatan:

  1. SIP bagi Dokter dan Dokter Gigi yang melakukan praktik kedokteran pada suatu fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah berlaku juga bagi fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah dalam wilayah binaannya yang tidak memiliki dokter/dokter gigi.
  2. SIP bagi Dokter dan Dokter Gigi spesialisasi tertentu yang melakukan praktik kedokteran pada suatu fasilitas pelayanan kesehatan berlaku juga bagi fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah di daerah lain yang belum memiliki pelayanan spesialisasi yang sama.

(2) Fasilitas pelayanan kesehatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a meliputi fasilitas pelayanan kesehatan milik TNI/POLRI, Puskesmas, dan balai kesehatan/balai pengobatan milik pemerintah.

(3) Fasilitas pelayanan kesehatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b meliputi rumah sakit milik pemerintah yang bersifat publik yang bekerjasama dalam bentuk sister hospital.

(4) Pemberian pelayanan kesehatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a dan huruf b harus diberitahukan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat.

Dengan adanya permenkes ini maka segala kekhawatiran dari RS Mitra maupun dari RSUD, terkait dengan izin praktek dokter spesialis yang dikirim ke daerah tersebut sudah tidak ada lagi.

Untuk lengkapnya bisa dilihat disini

http://ngada.org/bn671-2011.htm